Jump directly to the content

Your Sun

TOP
Penilaian

Berkelanjutan

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan sistem penilaian berbasis kompetensi, yaitu: definisi apa yang dipelajari dan apa yang dinilai, spesifikasi unjuk kerja/standar, dan menekankan pada komparasi antara unjuk kerja peserta didik dengan standar/kriteria.

Penilaian Berkelanjutan

Sistem penilaian yang dilakukan harus mencakup seluruh kompetensi dasar dengan menggunakan indikator yang telah ditetapkan, dan merupakan sistem penilaian yang berkelanjutan. Penentuan teknik penilaian yang digunakan berdasarkan pada kompetensi dasar yang ingin dinilai dan harus ditelaah oleh teman sejawat dalam mata pelajaran yang sama. Pengembangan sistem penilaian berbasis kompetensi dasar mencakup 6 hal, dan ini  merupakan karakteristik penilaian berbasis kompetensi, yaitu:

  1. Standar kompetensi: yaitu  kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan dalam setiap mata pelajaran. Hal ini memiliki implikasi yang signifikan dalam perencanaan, metodologi, dan pengelolaan penilaian.
  2. Kompetensi dasar: kemampuan minimal yang harus dimiliki lulusan
  3. Rencana penilaian: jadwal kegiatan penilaian yang dalam satu semester dikembangkan bersamaan dengan pengembangan silabus.
  4. Proses penilaian: pemilihan dan pengembangan teknik penilaian, sistem pencatatan,  dan pengelolaan proses.
  5. Proses implementasi: menggunakan berbagai teknik penilaian
  6. Pencatatan dan pelaporan: pengelolaan sistem penilaian  dan pembuatan laporan

 

Artikel Pengembangan Lainnya