Jump directly to the content

Your Sun

TOP
Kriteria Umum

Pemilihan Sumber Belajar

Pemilihan Sumber Belajar yang akan digunakan hendaklah didasarkan pada kriteria-kriteria tertentu.  Secara umum kriteria-kriteria tersebut adalah:

  1. Ekonomis Pertimbangan ekonomis hendaknya tidak hanya didasarkan pada harga yang murah saja tetapi juga pada jumlah sasaran yang mampu ditayangkan dan keawetan daya pakainya.

Kriteria Umum Pemilihan Sumber Belajar

Yang juga perlu dipertimbangkan adalah ketepatan media yang bersangkutan di dalam mencapai tujuannya. Dengan demikian ada kemungkinan sebuah media yang ditinjau dari harganya sangat mahal, menjadi ekonomis karena memenuhi persyaratan-persyaratan lain.

  • Praktis dan Sederhana Media yang praktis dan sederhana tidak memerlukan peralatn-peralatan sampingan yang rumit, mudah mengoperasikannya dan dapat dilakukan oleh siapa saja, bisa digunakan dengan cepat dan mudah pula penyimpanannya.
  • Mudah diperoleh Media dan semua perlengkapannya harus mudah diperoleh atau dengan kata lain, mudah pengadaannya.
  • Bersifat fleksibel atau luwes Media yang luwes adalah media yang dapat dipergunakan untuk mencapai beragam tujuan, cocok untuk berbagai situasi, dan tahan lama, tidak cepat aus oleh perkembangan jaman.
  • Komponen-komponen dari media yang bersangkutan tidak bertentangan dengan tujuan. Komponen yang bertentangan dengan tujuan adakalanya bisa menimbulkan dampak negatif.
  •  

    Artikel Sumber Belajar Lainnya