Jump directly to the content

Your Sun

TOP
Konsep

Pembelajaran E-Learning

Dunia pendidikan dan pelatihan pada saat ini banyak sekali praktiknya menyebut e-learning.

Konsep Pembelajaran E-Learning

Sampai saat ini pemakaian kata e-learning sering diidentikkan dengan kegiatan pendidikan yang menggunakan media komputer dan atau internet. Terminologi e-learning sendiri mengaju pada semua kegiatan pelatihan yang menggunakan media elektronik atau teknologi informasi (Effendi, 2005; 6-7). Sehingga ada berbagai macam definisi yang diberikan para ahli untuk e-learning, yaitu

  • pembelajaran elektronik (e-Learning) merupakan kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan jaringan (Internet, LAN, WAN) sebagai metode penyampaian, interaksi, dan fasilitasi serta didukung oleh berbagai bentuk layanan belajar lainnya (Brown, 2000; Feasey, 2001 dalam Sukardi, 2007).
  • e-learning is the use of electronic technologies to create learning experiences (Horton, 2012;1)
  • e-learning that is the exploitation of the potential of the Internet technologies to construct high quality interactive education (Cambell, 1999 dalam Iskandar, 526)
  • e-learning is the use of Web and Internet technologies to create experiences that educate our fellow human being (Horton, 2001 dalam Shackelford; 3)
  • e-learning can he viewed as an innovative approach for delivering well designed learner-centered, interactive, and facilitated learning environment to anyone, anyplace, anytime by utilizing the attribute’s and resources of various digital technologies along with other forms of learning materials suited for open. flexible. and distributed learning environment (Khan, 2005; 3).
  • The use or technologies in learning opportunities, encompassing flexible learning as well as distance Iearning and the use of information and communication technology as a communications and delivery tool, between individuals and groups, to support students and improve the management of learning (HEFCE. 2005; 12 dalam Andrew, 2007; 2)

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa e-learning adalah kegiatan pembelajaran dengan menggunakan komputer yang terhubung dengan jaringan internet yang didesain untuk pembelajaran yang berpusat pada siswa, bersifat interaktif, dan memfasilitasi kegiatan pembelajaran untuk setiap orang, yang tidak terbatas oleh tempat, waktu, dan jarak, serta bisa untuk pembelajaran secara individu maupun secara kelasikal (grup).

Persyaratan e-learning

Dari beberapa definisi di atas dapat dismpulkan bahwa syarat dari pembelajaran e-learning adalah sebagai berikut

  1. kegiatan pembelajaran dilakukan melalui pemanfaatan jaringan,
  2. tersedianya dukungan layanan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pebelajar, misalnya CD-ROM, atau bahan cetak
  3. tersedianya dukungan layanan tutor yang dapat membantu peserta belajar apabila mengalami kesulitan.
  4. terdapat lembaga yang menyelenggarakan/mengelola kegiatan e-Learning,
  5. sikap positif dari peserta didik dan tenaga kependidikan terhadap teknologi komputer dan internet,
  6. rancangan sistem pembelajaran yang dapat dipelajari/diketahui oleh setiap peserta belajar,
  7. sistem evaluasi terhadap kemajuan atau perkembangan belajar peserta belajar, dan
  8. mekanisme umpan balik yang dikembangkan oleh lembaga penyelenggara. (Sukardi, 2007)

 

Artikel Artikel Elearning Lainnya